Tabung Gas Tiba-tiba Bocor? Jangan Panik dan Ikuti Cara di Bawah Ini

1. Cabut regulator tabung gas sekarang juga

Regulator atau tutup tabung gas yang menempel pada leher tabung gas harus langsung dicabut. Caranya, Anda buka kunci pengaman atau knop pada regulator dengan cara diputar melawan arah jarum jam 180?. Lalu biarkan saja seperti itu dulu sampai bau gasnya benar-benar hilang dan tidak berbekas.

2. Hindari kontak dengan listrik

Jangan menyalakan listrik apapun selama bau gas masih tercium. Hindari menyalakan lampu, mencolok charger, dan segala jenis kontak langsung dengan listrik. Mengapa? Karena, kontak antara gas dan listrik dapat memicu munculnya api. Mulai dari percikan kecil dan akhirnya bisa menjadi api besar karena gas masih beredar di seluruh ruangan.

3. Bagaimana jika api sudah keluar?

Segera ambil karung, seprai handuk atau kain yang sudah dibasahi, benar-benar sampai basah. Jika api sudah keluar, maka bisa dipastikan bahwa tabung gas tidak akan meledak. Segera tutup bagian api yang sudah menyala dengan kain yang sudah Anda basahi, lalu segeralah mencabut regulator atau tutup tabung gas untuk menghindari kebocoran yang lebih lagi.

4. Bawa tabung gas keluar

Jika Anda mau menghilangkan gas yang tersebar di dalam ruangan dengan cepat, Anda bisa langsung membawa tabung gas yang bocor keluar rumah. Dengan cara ini, maka gas yang bocor akan langsung terbawa ke luar ruangan

5. Tutup dengan jempol?

Mungkin ada beberapa orang yang pernah mendengar cara ini : tutup bagian yang bocor dengan jempol. Tapi ternyata, cara ini bukan cara yang benar loh. Menutup daerah kebocoran gas dengan jempol hanya dapat bertahan sementara saja. Jika kebocoran terjadi langsung pada regulator atau tutup tabung gasnya atau bahkan pada kompornya, bagaimana Anda dapat menutup kebocoran tersebut dengan satu jari tersebut?

6. Panggil tetangga atau customer laundry yang sedang dekat disana.

Cara ini cara alternative bila Anda masih merasa takut dan tidak yakin untuk menangani kebocoran gas sendiri. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk mengamankan kebocoran gas yang terjadi di dalam rumahmu.

7. Waspada selalu

Setelah kejadian ini selesai, maka Anda sudah bisa belajar dan mengerti untuk selalu memperhatikan tabung gas Anda, kan? Selalu waspada dan peka terhadap hal-hal yang terjadi di dalam rumahmu. Jadikan keamanan dan keselamatanmu sebagai prioritas utama.

Setelah membaca langkah-langkah di atas, yang paling terpenting yang ingin disampaikan di sini adalah supaya Anda tetap tenang dan tidak panik. Segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya, sama seperti kebocoran tabung gas yang pernah Anda alami.